Kamis, 14 Juni 2012

Bosque Lupa Villa Absen di Euro


Siapapun yang menyaksikan partai Spanyol vs Itali tempo hari pasti terkejut dengan Starting line-up yang dimainkan Vicente del Bosque, formasi 4-3-3 yang gunakan memang seperti yang diperkirakan namun dari 3 nama barisan di depan itu tidak ada satupun nama seorang striker yang dimainkan, sempat bertanya-tanya strategi apa yang diterapkan Bosque, ini berarti siapa yang diplot sebagai penyerang? Apakah itu Fabregas?. Pertanyaan selanjutnya adalah ada apa dengan nama-nama seperti Fernando Torres, Fernando Llorente, dan Pedro Rodriguez?.
Jangan berasumsi apa-apa dulu, ingat bahwa Vicente del Bosque adalah seorang manajer yang berpengalaman dan sangat mengerti akan kebutuhan tim, gelar juara dunia bagi Spanyol di tahun 2010 adalah salah satu prestasi diantara sekian banyak yang ia koleksi. Ternyata, dalam perjalanan selama 2x45 menit itu Spanyol mampu memainkan bola-bola pendek yang indah, gaya Tiki-taka yang didominasi oleh pemain Barcelona ternyata mampu dicerna baik oleh David Silva yang pada pagelaran Euro ini dipercaya oleh Bosque untuk bermain sejak menit pertama.
Dibalik penguasaan yang hampir mendekati dominan, terlihat jelas jika Spanyol dalam beberapa kali kesempatan tidak mampu menyelesaikan serangan yang mereka bangun dengan sebuah gol, bahkan pendukung La Furia Roja sempat tersentak oleh gol indah Antonio Di Natale ke gawang yang dikawal oleh Casillas, beruntung kemudian tak berapa lama Spanyol mampu mengimbangi kedudukan 1-1 oleh Fabregas melalui hasil umpan matang David Silva. Spanyol benar-benar berusaha keras ingin memenangi pertemuan pertama grup ini, namun biar bagaimanapun indahnya umpan terobosan yang diberikan tetap saja tidak ada perubahan angka di papan skor, Fabregas dapat dikatakan bermain baik mengingat malam itu dia tidak berada pada posisi idealnya.

Sebenarnya apa yang diharapkan dari Bosque dengan tidak dipasangnya striker-striker Matador kemarin malam, mungkin cukup beralasan jika kita melihat performa yang ditunjukkan Cesc Fabregas; David Silva; Xavi Hernandez; dan Andres Iniesta musim ini di klub mereka masing-masing, rapor mereka yang mentereng itu membuat Bosque ingin dapat menyatukannya dan menghasilkan kesempurnaan. Pada Piala Dunia 2010 lalu dimana Spanyol keluar sebagai pemenang, peran Fabregas dan Silva tidak begitu penting melihat seringnya mereka bermain dari bangku cadangan, namun seiring dengan waktu maka kematanganpun membuat Bosque semakin banyak pilihan bagus kalau tidak mau dikatakan bingung. Stok penyerang yang dibawa saat ini diyakini bukanlah nama-nama utama yang diharapkan Bosque, nama besar Fernando Torres sepertinya sekarang jauh lebih mentereng ketimbang koleksi golnya, Bosque memang membawanya ke Euro namun itu pasti bukan karena melihat catatan gol-nya musim ini.

Ada sebuah kalimat menarik yang ditulis oleh salah satu tabloid olahraga ini, di situ terdapat kalimat bahwa Xavi berharap seandainya Messi dapat dimuat dalam karung dan dimainkan di Euro, nampak sekali jika Spanyol benar-benar bergantung kepada seorang David Villa sebagai ujung tombak La Furia Roja, tapi bukankah Spanyol masih punya nama-nama menterang lain yang dibawa ke Euro tahun ini?. Memang benar, namun di sini kita membicarakan seorang Davd Villa yang menjadi Top skor Spanyol di Euro 2008; Top skor Spanyol di Piala Dunia 2010; dan Top skor dalam sejarah Spanyol, jadi sangat amat wajar jika Villa dirindukan kehadirannya. Dan karena alasan itulah seolah-olah Vicente lupa jika jumlah pemain yang boleh diturunkan di lapangan adalah 11 orang, formasi 4-3-3 itu sepertinya ingin sekali dirubah menjadi 4-3-3-(1), seandainya bisa ditambah 1 lagi kita semua pasti tau siapa namanya. (ip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

aku perlu banget saran n kritikmu...
eh.. tapi aku juga perlu pujianmu... hehehehe...