Rabu, 25 Juli 2007

SEBUAH PESAN TERSEMBUNYI

Aku termasuk orang yang sangat senang dengan komik... jika sekarang di hadapanku ada komik, dan komik itu kayaknya lucu n ceritanya ringan... pasti langsung dibaca... dan ketika lagi baca komik, jangan pernah ada teman bahkan istripun yang ngajak aku ngobrol, asli kucuekin...
Ada beberapa komik yang pasti kalian kenal baik dan nampaknya cerita komik itu ditujuin buat anak-anak... sebut saja komik SINCHAN, mulai dari terbitnya yang pertama sampai sekarang, klo udah ngeliat komik ini di depan mata, pasti langsung dibaca... Sempat ada berita kalo komik ini terlalu keras buat anak-anak... emang sih banyak gambar di komik ini yang kayaknya bukan untuk dikonsumsi buat mereka, apalagi ampe masuk memorinya, misalnya saat Sinchan memakai "BH" mama-nya sebagai kacamata untuk meniru aksi Pahlawan Bertopeng pujaannya, Matanya yang berbinar binar dan siulannya sambil bibir monyong-monyong ketika ada wanita cantik dihadapannya, bagaimana reaksinya ketika dicium oleh seorang wanita dewasa (pipi yang merona, darah keluar dari idung), bagaimana caranya menarik perhatian dengan membuka celananya sambil menggoyang-goyangkan pantatnya, dan masih banyak lagi.
Tapi di balik itu semua ada pesan menarik yang terkadang mempengaruhi perilaku pembacanya setelah membaca komik ini... pesannya sederhana sekali... namun saat aku ngelakuinnya, akua teringat darimana asal perbuatanku ini...
contoh sederhananya, ketika aku mau kumur-kumur... tanpa kusadari saya melakukannya 5 kali setiap berkumur (inget pesen mama-nya Sinchan kalo kumur-kumur jangan cuma sekali tapi 5 kali, bahkan kadang ampe 10 kali)... tapi ada manfaatnya lho!... apa yang kurasain adalah rongga mulutku terasa lebih bersih (emang sih lebih bersih kalo kita sikat gigi... tapi kalo seandainya saat itu kita lagi ngga bawa?). Ada juga cerita di mana keluarga Sinchan yang punya sebuah mobil, tapi si ayah tetap memilih naik alat transportasi umum (kereta api) menuju tempat kerjanya, terpikir buatku jika memang perjalanan yang aku tempuh lumayan jauh dan ongkos angkot lebih murah daripada aku harus keluar duit buat beli bensin yang lebih banyak ketimbang bayar ongkos angkot, ngapain aku naik motor?... Ada juga penghargaan terhadap waktu saat si ayah yang bangun kesiangan mo berangkat kerja sampe-sampe dia kerjain semua cepet-cepet dan terkadang ada yang ketinggalan, juga mama-nya sinchan yang nganterin Sinchan ke sekolah karena dia ketinggalan jemputan bus... (walaupun di komik ini hal tersebut selalu menjadi kebiasaan)
Si Ayah dan Mama Sinchan yang selalu membungkukkan badan saat meminta maaf ketika anaknya berbuat salah, atau tidak sopan kepada orang lain. Kemudian aku ngerasa bahwa aku termasuk orang yang enggan banget meminta maaf ke orang... padahal kata maaf itu mudah banget diucapin, namun sulit untuk dilakuin...
Wah... jangan-jangan aku udah ketularan Sinchan ya?...
Namun kesimpulan besarku... dibalik kekerasan, kecabulan, ketidaksopanan dalam komik-komik Jepang, namun ada juga lho manfaat baiknya buat kita...
Lihat aja bagaimana komik sepakbola Jepang yang begitu "menghebatkan" klub-klub sepakbolanya, bahkan sampai ke Tim Nas mereka (walaupun Junior), yang mampu mangalahkan Tim Nas Italy, Brazil, Argentina, Spanyol, dan masih banyak lagi... dan biasanya mereka menang dengan modal semangat kebersamaan, semangat persahabatan dan lain sebagainya...
Tapi kita juga jangan keseringan baca komik ya?... ntar abis waktu buat gituan doang... kapan ke dunia nyatanya?

4 komentar:

  1. waduh... ada apa nih ndra?...
    mulai kritis ya?....
    bener juga sih...

    ur friend

    BalasHapus
  2. lumayanlah untuk beginner. pemula to! hueheh5x..
    harus diimbangin dong positif n negatifna.

    nia

    BalasHapus
  3. indra ternyata teliti juga yach..untuk pesan2 tersembunyi yg kmu maksud tsb bisa dibilang itulah budaya hidup orang jepun sehari2 (setau ku lho ya..).

    BalasHapus
  4. Susah Mas budaya gitu diterapkan di sini...
    Kita kan orangnya cuek abissss...
    Peduli banget dengan orang lain....
    Peduli banget mereka udah susah payah membuatnya...


    Ratna

    BalasHapus

aku perlu banget saran n kritikmu...
eh.. tapi aku juga perlu pujianmu... hehehehe...