Kamis, 06 Januari 2011

Pesepakbola Idola-Model Rambut-Anak Kecil


Mudah saja untuk menghubungkan pemain sepak bola; rambut; dan anak-anak, kita dapat melihatnya di lingkungan tempat tinggal kita, pusat perbelanjaan/Mall, sekolah dan masih banyak lagi. Masih ingat dengan booming-nya David Beckham?, pemain sepak bola yang terkenal dengan tendangan bebas melengkungnya, sepatu Adidas Predator-nya, no punggung 7 (Manchester United dan Tim Nasional Inggris); 23 (Real Madrid dan LA Galaxy), dan satu lagi yang tidak kita lupa yaitu model rambutnya!. Sudah tidak terhitung berapa kali Beckham berganti model rambut, bahkan berita mengenai model rambut Beckham tidak jarang mengalahkan berita sepak-terjangnya di dunia sepak bola. Model rambut Beckham yang paling diingat dari semua model rambut yang pernah miliki adalah model rambut Mohawk.
Sekilas tentang model rambut Mohawk, model rambut ini sebelumnya lebih populer dikalangan komunitas Punk yang muncul pada tahun 1975, komunitas Punk menyatakan dirinya lewat dandanan pakaian dan rambut yang berbeda. Pengertian model rambut Mohawk itu sendiri yaitu model rambut yang menggabungkan gaya Spike-top dengan cukuran di bagian belakang dan samping untuk menghasilkan efek bentuk bulu-bulu yang tinggi atau sekumpulan kerucut.
Pada masa sepak bola modern saat ini, pemain sepak bola professional (Terutama Eropa) bukan hanya sebatas idola di atas lapangan hijau, namun semua atribut yang digunakan dan kehidupan sosial mereka di luar profesi menjadi sebuah nilai jual yang sangat menjanjikan, untuk itu kehidupan pesepakbola saat ini sangat complicated. Selain tuntutan permainan di lapangan, mereka juga harus memperhatikan citra mereka, karena tidak sedikit yang mengidolakan pemain sepak bola ini adalah mereka yang masih kita katakan “anak kecil”. Anak kecil yang menjadi maksud dalam penulisan saya adalah mereka yang di negara kita masih dalam lingkup pendidikan Sekolah Dasar (SD). Jika kita ingin memperhatikan anak mana yang menggemari pemain sepak bola tertentu, kita tinggal memperhatikannya dari ujung rambut hingga ke ujung kaki (Ungkapan ini dahulu sering kita dengar digunakan para pria yang menilai penampilan wanita), diantaranya: model rambut, pakaian/kaos, dan sepatu.
Untuk tulisan saya kali ini akan membahas sedikit mengenai model rambut, mengapa model rambut?, ini semua berawal ketika penulis berada di sebuah Mall tepatnya di dalam Rest Room/Toilet Pria. Cermin besar di ruangan itu seakan tidak cukup untuk menampung laki-laki mulai anak-anak hingga orang dewasa yang sibuk membasahi rambutnya, kemudian dengan 2-3 cm Gel rambut yang dibawa mereka mulai sibuk menata rambut mereka dengan 10 jari mereka!, lucunya setelah semua kegiatan menata rambut itu selesai, hampir semua dari “Peserta kontes menata rambut” tadi ternyata menggunakan model rambut yang sama!, bisa ditebak ternyata mereka semua menyukai model rambut Mohawk atau bahasa yang lebih kita kenal lagi yaitu model rambut kuncung, dalam hati penulis berkata, “Wah copycat-nya Beckham semua nih!”. Jangan heran ketika kita melihat anak TK (Taman Kanak-kanak) sekarang sudah mengenal yang namanya Gel rambut, sampai pada tahap merengek kepada orang tua mereka lakukan agar dibelikan Gel rambut, gunanya agar mereka dapat membentuk rambut mereka seperti David Beckham atau Cristiano Ronaldo katanya.
Untuk para orang tua, mungkin sebagian diantara anda ada yang mengerti tentang sepak bola dan pemainnya dan ada pula yang sama sekali tidak mengerti, untuk yang tidak mengerti sebaiknya mulailah untuk belajar, mengapa?. Penulis akan mencoba memberikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan tempat tinggal penulis, ada seorang anak SD (mungkin sekitar kelas 5 atau 6) yang sangat menggemari sepak bola, hampir setiap hari pakaian/kaos yang digunakannya tidak lepas dari kaos tim sepak bola, baik itu dari tim sepak bola luar negeri maupun dalam negeri, anak ini juga aktif di sebuah SSB (Sekolah Sepak Bola), hingga pada suatu waktu saat pelaksanaan Sholat Idul Fitri di lingkungan tempat ia tinggal. Saat semua jama’ah mulai ramai, anak ini datang dengan pakaian busana muslim lengkap dengan sarung dan sajadahnya, namun ia tidak menggunakan Peci/Songkok (Penutup kepala), hal ini membuat semua jama’ah laki-laki yang ada di situ memperhatikannya, terutama model rambutnya yang berwarna pirang di bagian atas, rambut disamping kiri-kanan tipis dan nampak garis-garis tak beraturan yang dibentuk oleh kulit kepalanya yang tidak ada rambutnya, penulis langsung teringat dengan salah satu pemain sepak bola muda Mario Balotelli yang bermain di klub sepak Liga Itali yaitu Internazionale/Intermilan (Sekarang di klub Manchester City-Inggris).
Orang tua si anak tadi nampaknya tidak keberatan dengan keinginan si anak yang ingin memiliki model rambut itu, mungkin dengan alasan “Mumpung musim liburan, nanti kalau sudah mulai masuk sekolah lagi rambut itu sudah mulai tubuh”. Namun sebenarnya jika memang yang ditiru oleh anak tadi memang Mario Balotelli, apakah orang tua tau siapa dia? bagaimana perilakunya?, benar Balotelli adalah pemain sepakbola terkenal, Balotelli juga dianggap sebagai Wonderkid (Pemain muda yang diprediksi akan menjadi bintang sepakbola) dalam dunia sepakbola, namun apakah para orang tua mengetahui lebih jauh mengenai Balotelli yang menjadi idola anaknya ini?, Balotelli dari sisi positifnya memiliki skill/kemampuan sepakbola yang mumpuni, namun untuk sisi negatif balotelli dianggap sebagai remaja pembangkang oleh media sepakbola, pengamat sepakbola, manager sepakbola, dan masih banyak lagi, perilakunya yang terkadang tidak stabil terkadang membuat sinar kemampuannya di dunia sepakbola tidak tersentuh pena jurnalis, malahan berita pertengkarannya dengan pelatih, media, pemain bola lain yang lebih banyak dibahas. Sudah tidak terhitung berita mengenai dirinya yang bertengkar dengan Manajernya, dengan pemain lain, dengan penggemar/tifosi, dan terutama dengan media yang akan mempengaruhi penilaian umum terhadap dirinya.
Balotelli dianggap sebagai seorang anak remaja yang kaget dengan ketenaran yang tiba-tiba datang pada dirinya, sehingga terkadang perkataan dan perilakunya diartikan sebagai kesombongan/keangkuhan seorang anak remaja. Berita yang paling kita ingat mengenai Balotelli mungkin pada saat perseteruannya dengan Cristiano Ronaldo saat Intermilan bertemu Manchester United dalam kompetisi Liga Champion, saat itu Ronaldo jatuh oleh Balotelli, bukan malah membantu berdiri Ronaldo seperti kebanyakan pemain bola yang lain saat mereka jatuh, Balotelli malah menghardik Ronaldo dan mengatakan Ronaldo melakukan Diving (Menjatuhkan diri dengan sengaja yang tujuannya agar pemain lawan dikenai pelanggaran oleh wasit, bahkan terkadang dapat menghasilkan kartu kuning atau merah kepada pemain lawan).
Pernah juga terjadi perseteruan antara Balotelli dengan Francesco Totti (AS Roma-Itali), saat itu Totti melakukan pelanggaran terhadap Balotelli dengan sengaja, namun berita mengenai pelanggaran itu tidak besar dibanding dengan perkataan Balotelli kepada media yang mengatakan Totti berkata Rasis (Perilaku/perkataan buruk yang berhubungan dengan warna kulit) kepadanya yang mengakibatkan Totti menjadi sasaran penyelidikan PSSI-nya liga Itali, perlu diketahui bahwa Balotelli adalah warga keturunan Ghana, namun ia telah lama tinggal di Itali dan mendapatkan kewarganegaraan Itali dan Balotelli telah membela Tim Nasional Itali. Atau mengenai Balotelli yang menggunakan kaos tim lain (AC Milan-Itali), padahal saat itu dia masih terikat kontrak dengan tim Intermilan yang juga ada persaiangan yang mengakar dari kedua tim ini, dan apa yang dilakukan Balotelli menjadi pemancing amarah para penggemar/tifosi tim Intermilan, dan masih banyak lagi.
Pada intinya maksud penulis dari tulisan di atas adalah, hendaknya orang tua juga dapat mengetahui apa saja yang terkait dengan buah hatinya. Sehubungan dengan sepakbola yang berhubungan dengan siapa yang diidolakan oleh si anak, kita jadi dapat mengerti dan menjelaskan kepada si anak mana yang patut dijadikan idola dan mana yang tidak, model rambut terkadang bukan hanya sebagai ajang “Keren-kerenan”, namun juga menjadi penilaian lingkungan sekitar, masih banyak anggapan masyarakat yang buruk mengenai sesuatu hal baru yang tidak lazim mereka temui, seperti model rambut tadi misalnya, tanggaapan “Keren” mungkin berlaku untuk dikalangan teman sebaya mereka, namun cap “Berandalan” juga mengiringi pada diri si anak oleh masyarakat.
Tahukah anda apa arti sebenarnya dari model rambut yang digunakan oleh Balotelli?, dalam sebuah buku penelitian/skripsi yang pernah penulis baca, menurut Anthony Synott (1993), model rambut tidak sekedar berarti simbol seks penanda laki-laki dan perempuan, Ia juga simbol gerakan politik kebudayaan tertentu, model rambut seperti Mohawk/Skinhead yang dipopulerkan oleh kaum/komunitas Punk diartikan sebagai bahasa lain menyebut penjahat atau perusak, menyatakan dirinya lewat dandanan pakaian dan rambut yang berbeda. Kita bisa melihat adanya hubungan yang kompleks antara tubuh, fesyen, gaya dan penampilan, serta identitas kepribadian yang ingin dikukuhkan oleh seseorang. Pembentukan identitas bukan persoalan sederhana, ia tidak pernah bergerak secara otonom atau berjalan atas inisiatif diri sendiri, tapi dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yang beroperasi bersama-sama. untuk itu kita harus mengerti dahulu sebelum menggunakannya. (IP)

Photo: Mario Balotelli/Google

2 komentar:

  1. Jangan salah bung!, selain sibuk dengan hairgel, mereka juga ada yg bawa sabun pembersih wajah, bedak, cologne, dll. Para laki-laki di negara kita udah kena sindrom dunia barat. (Bayu)

    BalasHapus
  2. “PROMO MERDEKA ! BONUS SPESIAL DEPOSIT E-MONEY”

    Ikuti event special dari BOLAVITA dalam rangka 17 Agustus 2021 untuk permainan VIVO SLOT & JOKER SLOT dengan E-MONEY.

    Bonus Special ini khusus untuk Anda yang sering deposit menggunakan E-MONEY seperti OVO, LINKAJA, DANA, JENIUS ataupun GOPAY.

    Tentunya untuk Anda semua bakalan dapat bonus ini ya, dengan syarat dan ketentuan berlaku :
    ♥ BONUS 10% untuk member setia BOLAVITA yang melakukan deposit melalui E-MONEY (OVO, DANA, GOPAY, LINKAJA)
    ♥ BONUS 20% untuk MEMBER BARU dengan deposit pertama kali dengan E-MONEY.
    ♥ Hanya berlaku untuk semua permainan VIVO SLOT dan JOKER SLOT di BOLAVITA
    ♥ Minimal deposit hanya Rp 50.000,-

    Untuk info lanjut, yukkk tanya2 ke customer service BOLAVITA yaa..

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    ✔ INSTAGRAM : @bola.vita
    ✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc
    ✔ TWITTER : @BVgaming_net
    ✔ LINE : @CS_bolavita

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    CUSTOMER SERVICE 24 JAM NON STOP , semua permainan pure FAIRPLAY !!

    #bolavita #bvgaming #jokerslot #vivoslot #e-money #kemerdekaan #merdeka #Bonus76 #promobonus76 #deposit #bonusdeposit #17Agustus2021 #ovo #dana #Linkaja #jenius #gopay #event #promobonusmenarik #situsbolavita #bandarbolavita


    BalasHapus

aku perlu banget saran n kritikmu...
eh.. tapi aku juga perlu pujianmu... hehehehe...